Citra Satelit WORLDVIEW-2 diluncurkan tanggal 8 oktober 2009, dengan pencitraan panchromatic pada resolusi 46-52 Cm dan pencitraan multispectral pada resolusi 1.84- dan 2.08-meter

Saturday, January 12, 2013

MEMULAI ARCGIS VIEWER FOR FLEX

Aplikasi ArcGIS Viewer for Flex memungkinkan pengguna untuk membuat aplikasi GIS web pemetaan, tanpa memerlukan pemrograman. Hal ini dirancang sehingga pengguna dapat mengkonfigurasi dan menggunakan aplikasi pemetaan web dengan mudah dan cepat.

Topik ini menunjukkan bagaimana mulai menggunakan aplikasi ArcGIS Viewer for Flex. Pertama, memastikan persyaratan perangkat lunak terpenuhi, kemudian ikuti petunjuk untuk men-download dan mengatur viewer. Setelah meninjau beberapa aspek dari aplikasi viewer (tampilan default), praktik mengkonfigurasi viewer dengan elemen memodifikasi seperti : judul, warna, dan luasnya peta. Terakhir, langkah-langkah yang diberikan untuk menambah fungsi baru ke viewer (dengan menambahkan widget) dan beberapa isi data kustom (dengan menambahkan layanan web).

Persyaratan:  
  • Sebuah web browser (Firefox 4, Internet Explorer 9). 
  • Sebuah web server yang berjalan pada mesin di mana ArcGIS Viewer for Flex akan diinstal (misalnya, IIS atau Apache).
Bagaimana memulai IIS pada Windows 7:
  • Klik Start dan kemudian klik Control Panel
  • Dalam Control Panel, klik Programs dan kemudian klik Turn fitur Windows atau menonaktifkan.
  • Pada kotak dialog Fitur Windows, klik Layanan Informasi Internet dan kemudian klik OK.
Informasi lebih lanjut tersedia di Instalasi IIS 7 pada Windows Vista dan Windows 7 (http://www.iis.net/learn/install/installing-iis-7/installing-iis-on-windows-vista-and-windows-7).

Opsional
Akses ke ArcGIS Server Standard atau edisi lanjutan (Advanced), jika kita ingin menambahkan layanan web sendiri. Viewer Flex umumnya mendukung ArcGIS Server 9.3 keatas, namun fungsi tertentu, seperti mengedit web dan dukungan untuk data time-aware membutuhkan versi 10 keatas dari ArcGIS Server.

Ambil pilihan paket
Dua paket download yang tersedia :

  • Paket Compiled - paket download ini tidak termasuk source code, tetapi sudah disusun dan siap untuk digunakan. 
  • Paket Uncompiled - ini termasuk paket download source code aplikasi viewer. Anda akan perlu untuk mengkompilasi ini sebelum menggunakannya.
Hanya satu paket download yang diperlukan untuk menginstal dan menggunakan ArcGIS Viewer for Flex. Paket Compiled ini ditargetkan pada pengguna yang berniat untuk membuat aplikasi kustom web pemetaan dengan mengkonfigurasi file XML viewer konfigurasi sedangkan paket uncompiled ditargetkan pada pengembang yang berniat untuk membuat widget kustom dan/atau memperpanjang aplikasi viewer inti. Tentukan paket download (http://www.esri.com/apps/products/download/index.cfm?fuseaction=download.main&downloadid=849) memenuhi alur kerja kita, kemudian ikuti petunjuk di bawah ini.
 
Download paket ArcGIS Viewer for Flex
  • Klik link download pada halaman web yang berisi paket download, setuju dengan Atribusi Esri dan Perjanjian Lisensi, kemudian klik Download dan simpan file ZIP manapun pada mesin Anda. 
  • Unzip file paket download, itu akan membuat folder baru bernama flexviewer.
  • Tempatkan folder flexviewer ke folder web server mesin anda. Lokasi folder yang sebenarnya mungkin berbeda tergantung pada konfigurasi web server kita, tetapi ketika menggunakan IIS, defaultnya adalah: "C: \ Inetpub \ wwwroot".
  • Ketika mencoba untuk menyimpan file di folder C: \ Inetpub \ wwwroot, kita mungkin mendapatkan error berikut, terutama pada Windows 7 dan Windows Vista: "Anda tidak memiliki izin untuk menyimpan dalam folder ini". Hal ini terjadi meskipun kita adalah administrator pada mesin tersebut. Hal ini disebabkan kontrol akses meningkat (alias UAC atau User Access/Account Control) pada Windows 7 dan Vista ketika mencoba untuk menyimpan file dalam folder yang dilindungi (seperti C: \ Inetpub \ wwwroot).
  • Klik kanan pada folder dan pilih Permissions.
  • Pilih tab Security.
  • Perhatikan bahwa Pengguna hanya membaca hak, ubah ke akses penuh.
  • Buka web browser dan menguji aplikasi ArcGIS Viewer for Flex dengan memasukkan URL berikut: http://<machinename>/flexviewer/index.html. Ganti <machinename> dengan nama mesin kita (misalnya, http://mymachinename/flexviewer/index.html). Aplikasi ArcGIS Viewer for Flex akan muncul di web browser kita. Gambar di bawah ini menunjukkan aplikasi Viewer (tampilan default) dengan beberapa komponen kunci antarmuka :

Secara default, aplikasi viewer telah dikonfigurasikan untuk referensi beberapa layanan web dari ArcGIS.com, ini ditampilkan di layar utama dan terdaftar dalam Peta Switcher widget. Widget Navigasi dan Overview Peta keduanya dibangun ke dalam UI Viewer. Skala bar merupakan bagian penting dalam peta, sebagai widget tambahan (yaitu, fungsi GIS tambahan) yang terkandung dalam tool widget di bagian atas aplikasi. 
Jelajahi ready-to-deploy aplikasi ArcGIS Viewer for Flex dengan melakukan percobaan dengan beberapa fungsinya. Begitu kita sudah familiar dengan aplikasi tersebut, lanjutkan dengan bagian berikutnya untuk belajar bagaimana cara konfigurasi ArcGIS Viewer for Flex.

No comments:

Post a Comment