Citra Satelit WORLDVIEW-2 diluncurkan tanggal 8 oktober 2009, dengan pencitraan panchromatic pada resolusi 46-52 Cm dan pencitraan multispectral pada resolusi 1.84- dan 2.08-meter

Friday, December 30, 2011

APLIKASI WEBGIS SAAT INI

Viewer for Flex

ArcGIS Viewer for Flex adalah client application yang dibangun menggunakan ArcGIS API for Flex dimana user bisa dengan cepat membuat aplikasi GIS Web mapping tanpa user harus menguasai programming. Aplikasi ini di desain untuk bekerja dengan  ArcGIS Server dan ArcGIS Online Web services yang telah di dukung seluruh kemampuan terbaru yang ditawarkan ArcGIS Server 10. Sebagai informasi Flex adalah open source web application development tool yang di buat oleh Adobe. 

Dengan ArcGIS Viewer for Flex, pengguna bisa dengan cepat membuat aplikasi WebGIS termasuk di dalamnya : data display, interactive querying, Web editing, data extraction, geocoding, & printing dan dengan mudah membuat kustomisasi tampilan dari viewer tersebut serta menambahkan logo atau brand dimana semuanya tidak menuntut pengguna untuk menguasai programming knowledge atau programming skills. 

Mapping content  dari ArcGIS Online sudah tersedia (preloaded) di dalam aplikasi ini, diantaranya worldwide street, imagery, dan  topographic maps. Untuk meng-kustom viewer ini, pengguna cukup mengedit XML files dalam text editor untuk mengganti tampilan, fungsionalitas dan map content-nya. 

Hubungan dari ketiga perangkat tersebut secara rinci dijelaskan sebagai berikut : 
A.    Internet Information Services (IIS) terinstalasi untuk dapat menjalankan Arcgis Viewer For Flex sebagai Web Services.
B.    Arcgis Server sebagai perangkat lunak pengolah data peta raster / vektor dan mempublikasikannya kedalam web dengan web browser yang sesuai menggunakan Internet Information Services (IIS) atau Apache Tomcat.
C.    ArcGIS Viewer for Flex dapat menampilkan data-data dari arcgis server atau data-data peta yang kita punya dan dapat pula menampilkan data peta dari instansi yang lain yang menggunakan arcgis server sebagai publikasi servis yang dapat kita simpan dalam aplikasi ini. Untuk menampilkannya kita mengambil alamat url untuk kita simpan dalam file config.xml file ini.
Beberapa contoh tampilan aplikasi yang menggunakan ArcGIS Viewer For Flex yang telah dibuat oleh Penulis, seperti gambar dibawah ini.

Menampilkan Imagery untuk wilayah Indonesia, untuk kota-kota besar dapat di zoom sampai detail

 Menampilkan peta jalan (OpenStreet) untuk wilayah Indonesia

Distribusi Pulau-Pulau Kecil Terluar dan Perbatasan Negara

Menampilkan Profil melintang dan memanjang sepanjang permukaan yang dipilih

Menampilkan chart dari perbandingan jumlah penduduk

Menampilkan peta batas desa di seluruh wilayah Indonesia

Menampilkan Citra dengan resolusi tinggi untuk pulau kecil terluar


No comments:

Post a Comment