Citra Satelit WORLDVIEW-2 diluncurkan tanggal 8 oktober 2009, dengan pencitraan panchromatic pada resolusi 46-52 Cm dan pencitraan multispectral pada resolusi 1.84- dan 2.08-meter

Saturday, February 9, 2013

Memasang Aplikasi Geoserver pada Windows

Windows installer menyediakan cara mudah untuk membuat aplikasi GeoServer ada pada sistem kita, dengan tidak adanya file konfigurasi untuk mengedit atau perintah pengaturan baris, semuanya dapat dilakukan melalui Windows GUI.
1. Arahkan ke halaman GeoServer Download di http://geoserver.org/display/GEOS/Download.
2. Pilih versi GeoServer yang akan di download. Jika tidak yakin, pilih Stable version di http://geoserver.org/display/GEOS/Stable.
3. Klik untuk link pada Windows installer.



4. Setelah men-download, klik dua kali pada file tersebut untuk memulai.
5. Pada layar selamat datang, klik Next.





6. Baca lisensi dan klik I Agree.



7. Pilih direktori instalasi, kemudian klik Next.



8. Pilih Start Menu nama direktori dan lokasi, kemudian klik Next.



9. Masukan path kedalam Java Runtime Environment (JRE) yang benar. GeoServer memerlukan JRE yang benar dalam menjalankan aplikasinya, jadi langkah ini sangat diperlukan. Installer akan memeriksa sistem dan mencoba secara otomatis. Jika variabel ini tidak terdefinisi, Anda mungkin tidak memiliki JRE pada sistem Anda. Dalam hal ini, Anda dapat men-download JRE di http://www.oracle.com/technetwork/java/javase/downloads/index.html. Setelah JRE didownload dan diinstal, restart installer GeoServer. Jika sudah, klik Next.

Catatan: Contoh C:\Program Files\Java\jre6. Oracle Java SE 6 atau yang lebih baru sangat disarankan, meskipun dengan menggunakan Oracle JRE 5 aplikasi ini akan berjalan. Java Development Kit (JDK) tidak diperlukan untuk menjalankan aplikasi GeoServer ini.

Peringatan: Jangan menyertakan bin\ di JRE path, jika javaw.exe terletak di C:\ Program Files \ Java \ jre6 \ bin \ javaw.exe, set path menjadi C: \ Program Files \ Java \ jre6.



10. Masukkan path ke direktori data GeoServer Anda atau pilih default. Pengguna GeoServer Sebelumnya mungkin sudah memiliki sebuah direktori data yang ingin mereka gunakan. Jika ini adalah pertama kalinya kita menggunakan GeoServer, Anda harus memilih direktori data default. Setelah selesai, klik Next.



11. Masukkan username dan password untuk administrasi GeoServer, default adalah admin/geoserver. Setelah selesai, klik Next.



12. Masukkan port dan GeoServer akan merespon. Port default adalah 8080, setelah selesai, klik Next.



13. Pilih apakah GeoServer harus dijalankan secara manual atau dipasang sebagai service. Ketika dijalankan secara manual, GeoServer dijalankan seperti aplikasi standar saat ini. Ketika diinstal sebagai service, GeoServer terintegrasi ke dalam Windows Services, dengan demikian lebih mudah untuk dikelola. Jika berjalan pada server, atau untuk mengelola GeoServer sebagai service, pilih Install as a service. Jika tidak, pilih Run manually. Setelah selesai, klik Next.



14. Periksa pilihan Anda dan klik tombol Back jika ada perubahan yang perlu dibuat. Jika tidak, klik Install.



15. GeoServer akan diinstal pada sistem kita. Setelah selesai, klik Finish untuk menutup installer.
16. Jika kita menginstal GeoServer sebagai service, aplikasi ini sudah berjalan. Jika tidak, kita bisa mulai GeoServer dengan klik ke Start Menu pilih All Programs kemudian pilih GeoServer dalam folder GeoServer.
17. Arahkan ke http://[SERVER_URL]:[PORT]/geoserver/web (contoh: http://localhost:8080/geoserver/web/) untuk mengakses GeoServer Web Administrasi Interface. Jika kita melihat GeoServer di browser kita, maka selamat, GeoServer berhasil diinstal.

Bagaimana cara publish peta menggunakan GeoServer bisa dilihat pada postingan sebelumnya atau disini


2 comments: