Citra Satelit WORLDVIEW-2 diluncurkan tanggal 8 oktober 2009, dengan pencitraan panchromatic pada resolusi 46-52 Cm dan pencitraan multispectral pada resolusi 1.84- dan 2.08-meter

Saturday, April 20, 2013

Cagar Alam Laut Riung

Cagar Alam Laut Riung terletak di bagian utara Pulau Flores, dan secara administratif berada di Kecamatan Riung, Kabupaten Ngada. Kawasan yang berbatasan langsung dengan bagian barat Taman Wisata Alam Tujuh Belas Pulau tersebut berjarak sekitar 80 km dari Bajawa, ibukota Kabupaten Ngada. Kawasan Cagar Alam Riung merupakan salah satu Kawasan Suaka Alam yang ditunjuk dengan Surat Keputusan Menteri Kehutanan No: 589/Kpts-II/1996 tanggal 16 September 1996 dengan luas 2000 ha. SK ini merupakan SK perubahan fungsi setelah dilakukan pemisahan antara Taman Wisata Alam 17 Pulau Riung dengan Cagar Alam Laut Riung. Kawasan Cagar Alam Riung merupakan perwakilan tipe ekosistem hutan kering dengan vegetasi campuran dan hutan mangrove.
Peta area kawasan Cagar Alam Laut Riung



KAWASAN : Riung
PROVINSI : Nusa Tenggara Timur
KABUPATEN/KOTA : Ngada
SK PENETAPAN : 589/Kpts-II/96
TGl/BLN/THN : 16-09-1996
LUAS (Ha) : 2.000,00
KATEGORI : Cagar Alam Laut




Aksesibilitas ke Kawasan
Untuk mengunjungi Cagar Alam Riung, para pengunjung dapat menggunakan beberapa jalur, yaitu jalur udara, jalur laut dan jalur udara sebagai berikut:
Jalur Udara: Jalur ini dapat ditempuh dengan pilihan rule sebagai berikut:
  • Kupang – Ende dengan pesawat foker 27 dan foker 28 sekitar 1 jam dan 45 menit setiap harinya, dilanjutkan dengan perjalanan darat Ende – Riung – lokasi Cagar Alam Riung.
  • Kupang – Ruteng dengan pesawat foker 27 sekitar 1 jam dan 30 menit setiap harinya, dilanjutkan dengan perjalanan darat Ruteng – Riung – Cagar Alam Riung.
Jalur Laut: Jalur ini dapat ditempuh dengan pilihan rute sebagai berikut:
  • Kupang – Ende dengan kapal Fery (sekitar 8 jam), rata – rata seminggu dua kali, dilanjutkan dengan perjalanan darat dari Ende – Riung sekitar 5 jam dan dilanjutkan ke lokasi Cagar Alam Riung.
  • Kupang – Ende dengan kapal PELNI (sekitar 8 jam), 2 minggu sekali, dilanjutkan dengan perjalanan darat dari Ende – Riung sekitar 5 jam dan dilanjutkan ke lokasi Cagar Alam Riung.

Informasi lengkap dapat diperoleh dari konservasi Kawasan dan Jenis Ikan KKP (http://kkji.kp3k.kkp.go.id/index.php/basisdata-kawasan-konservasi/details/1/47), CoreMap KKP (http://www.coremap.or.id/datin/mpa/index.php?keyid=19&act=detail).

No comments:

Post a Comment