Citra Satelit WORLDVIEW-2 diluncurkan tanggal 8 oktober 2009, dengan pencitraan panchromatic pada resolusi 46-52 Cm dan pencitraan multispectral pada resolusi 1.84- dan 2.08-meter

Saturday, March 16, 2013

Layanan Peta Online Kementerian Kehutanan

Layanan Peta Online yang sudah ada dari Kementerian Kehutanan dengan Url http://webgis.dephut.go.id/ArcGIS/rest/services, terdiri dari beberapa layer yang akan ditampilkan diantaranya adalah: CitraResolusiTinggi, DAS_Batas,  FAOREDESIGN, Hutan_Tanaman, KH, KPH, Landsat, LK, Pelepasan_KH, PIPIB, PKH, PL, PL00, PL03, PL06, PPKH, Rawan_Bencana, dan TitikPanas.




CITRA RESOLUSI TINGGI
Menampilkan citra hasil pemotongan/cropping dan mosaik (Google Earth) untuk wilayah banten dengan citra resolusi tinggi. Buka web browser kemudian masukan alamat http://webgis.dephut.go.id/ArcGIS/rest/services, akan tampil seperti berikut ini

Gambar 1

Menampilkan Servis dalam ArcMap
Klik ArcMap dalam pilihan View In dalam gambar 1, akan muncul tampilan Membuka CitraResolusiTinggi.lyr, pilih Buka dengan (ArcGIS File Handler/Baku) kemudian klik ok, secara otomatis program ArcGIS Deskstop akan terbuka dengan menampilkan file sesuai dengan servis yang dipilih.


Menyimpan servis dalam Media Lokal
Klik kanan CitraResolusiTinggi pada Table Of Contents kemudian pilih Save As Layer File untuk disimpan dalam media penyimpanan lokal (harddrive), untuk membukanya pilih File > Add Data > Add Data pilih file yang disimpan tadi (CitraResolusiTinggi.lyr).


Menampilkan Servis dalam ArcGIS JavaScript API (Browser)
Klik ArcGIS JavaScript dalam pilihan View In dalam gambar 1, akan muncul tampilan Membuka Citra Resolusi Tinggi dalam browser.


Menampilkan Servis dalam ArcGIS + Virtual Earth (Browser)
Klik Virtual Earth dalam pilihan View In dalam gambar 1, akan muncul tampilan Membuka Citra Resolusi Tinggi dalam browser.

Menampilkan Servis dalam Google Earth
Klik Google Earth dalam pilihan View Footprint In dalam gambar 1, akan muncul tampilan Membuka Citra Resolusi Tinggi dalam Google Earth, akan muncul tampilan Membuka CitraResolusiTinggi.kmz, pilih Buka dengan (Google Earth/Baku) atau simpan berkas dalam folder yang telah ditentukan kemudian klik ok, secara otomatis program Google Earth akan terbuka dengan menampilkan file sesuai dengan servis yang dipilih.


Penulis pernah mengerjakan beberapa kegiatan pembuatan One Map Online System WebGIS saat ini.

No comments:

Post a Comment