Citra Satelit WORLDVIEW-2 diluncurkan tanggal 8 oktober 2009, dengan pencitraan panchromatic pada resolusi 46-52 Cm dan pencitraan multispectral pada resolusi 1.84- dan 2.08-meter

Tuesday, November 2, 2010

MENCARI KETERSEDIAAN CITRA QUICBIRD ATAU WORLDVIEW

Sebagai langkah awal dalam proses pemesanan citra satelit, dibutuhkan beberapa informasi mengenai wilayah yang akan di pesan berupa posisi koordinat, luas wilayah, tanggal pengambilan data (acquisition), dan cakupan awan (cloud cover) secara teknis sebaiknya kurang dari 15%. 

Posisi koordinat sebaiknya menggunakan koordinat geografis (lintang dan bujur) baik desimal maupun derajat. Luas wilayah diperlukan karena dalam proses pemesanan minimal luas area yang dipesan adalah 90 km² untuk pesan citra baru (tasking) dan 25 km² untuk citra arsip (archieve), tanggal pengambilan data diperlukan apabila kita memerlukan data citra yang lebih update dari ketersediaan citra (tasking), dan cakupan awan sebaiknya kurang dari 15% agar area yang dibutuhkan tidak tertutup awan (clear).
  1. Siapkan koordinat : sentral (1 titik), kotak (upper left dan lower right corner) dan polygon (Direct Coordinate Entry).
  2. Klik http://browse.digitalglobe.com/imagefinder/main.jsp
  3. Modify filter untuk menentukan citra yang akan digunakan : jenis citra, sensor, tanggal pengamatan dan pengambilan data, maksimum tutupan awan, dan band image, kemudian klik continue.
  4. Klik Enter Coordinates masukan koordinat sesuai dengan ketersediaan (point 1 diatas) klik continue.
  5. Akan masuk pada menu utama dengan kotak merah sesuai dengan koordinat dan dimensi yang telah dimasukan.
  6. Klik search untuk melihat ketersediaan citra (new browser : select, browse image, catalog ID, sensor, Acquisition Date, dan lain-lain.
  7. Untuk melihat citra tersebut klik view (warna biru).
  8. Apabila sesuai dengan ketersediaan data tersebut, maka kita dapat memesan dengan mencantumkan katalog ID.
  9. Apabila Browse citra yang ditampilkan dalam katalog tersebut tidak sesuai dengan peruntukannya, maka kita harus memesan citra tersebut (tasking).
Fasilitas ini diperuntukan hanya untuk mengetahui ketersediaan citra (arsip), dengan demikian apabila tanggal dan ketentuan teknis lainnya telah sesuai dengan apa yang ditampilkan, kita sudah mengetahui langkah selanjutnya yaitu memesan citra arsip yang lebih murah dan lebih cepat dibandingkan dengan tasking.

No comments:

Post a Comment