Citra Satelit WORLDVIEW-2 diluncurkan tanggal 8 oktober 2009, dengan pencitraan panchromatic pada resolusi 46-52 Cm dan pencitraan multispectral pada resolusi 1.84- dan 2.08-meter

Saturday, January 26, 2013

MAPGUIDE OPEN SOURCE

Component Overview Ada 4 komponen dalam MapGuide, yaitu:
1. Mapguide Server
2. Mapguide Web Extentions
3. Mapguide Studio
4. Mapguide Viewer

MapGuide Studio dan MapGuide Viewer adalah client applications dari MapGuide Server. Request dari MapGuide Studio dan MapGuide Viewer tersebut dan dari aplikasi-aplikasi programming yang dibuat dengan API, ke Web Extentions. Komponen Web Agent yang ada di Web Extentions akan menerima request-request tersebut, dan mengirimkan ke MapGuide Server, MapGuide Server akan mengakses request-request tersebut, dan mengirimkan hasilnya ke Web Extention.

Installation
Ada 2 komponen yang harus diinstall dalam MapGuide Open Source, yaitu MapGuide Server dan MapGuide Web Extentions dapat di download di http://mapguide.osgeo.org/node/34 .

Install MapGuide Server Langkah menginstal MapGuide Server
1. Jalankan MgserverSetup.exe
2. Akan tampil dialog box MapGuide Server – Install Wizard
3. Pilih Site Server
4. Kemudian klik Next. MapGuide Server terinstall secara otomatis ke C:\Program Files\ MapGuideOpenSource\Server


Install MapGuide Web Extentions Sebelum menginstall MapGuide Web Extentions, kita tentukan dahului web server yang akan kita gunakan, Apache HTTP Server atau Internet Information Services (IIS). Kita juga tentukan dahulu bahasa pemrograman yang akan digunakan, PHP, ASP.NET, Java Server Page (JSP).
Langkah menginstall MapGuide Web Extentions:
1. Jalankan MgWebServerExtentionsSetup.exe.
2. Akan tampil dialog box MapGuide Web Server Extentions – Install Wizard
Ada tiga konfigurasi yang dapat dipilih, yaitu:
 
  • Bundled Configuration. Tipe ini digunakan untuk menginstal Apache HTTP Server, PHP, atau Tomcat
  • IIS Configuration. Tipe ini digunakan menginstal PHP untuk site administration dan konfigurasi IIS dengan bahasa pemrograman PHP atau .NET. 
  • Manual Configuration. Tipe ini digunakan untuk menginstal dan konfigurasi PHP, ASP.NET, dan JSP, tetapi kita tidak menentukan konfigurasi web servernya.
3. Sebagai contoh kita gunakan Apache dengan bahasa pemrograman PHP. Klik Bundled Configuration, sehingga muncul dialog box Bundled ConfigurationSettings.
4. Secara default Web Server Port Number tertulis 8008
5. Pilih PHP untuk Development Environment kemudian klik Next.
 
 
6. Akan muncul dialog box Server IP Address. Masukan alamat IP untuk site server, nilai default 127.0.0.1 berarti site server dan Web Server Extentions diinstal pada komputer yang sama, kemudian klik Next.
 
 
7. Akan muncul dialog box Setup Type. Pilih Typical kemudian klik Next.
8. Web Server Extentions akan terinstalasi ke C:\Program Files\ MapGuideOpenSource\ WebServerExtentions.

Test Site Administrator
Setelah kita menginstal MapGuide Server dan MapGuide Web Extentions selanjutnya kita lakukan tes terhadap MapGuide Server sudah berjalan atau belum, langkahnya sebagai berikut :
1. Buka Web Browser.
2. Masukan alamat http://localhost:8008/mapguide/mapadmin/login.php.
3. Lakukan proses login. Untuk Administrator ID masukan Administrator dan untuk password masukan admin (case sensitive).
 
 
4. Apabila proses login berhasil, maka hasilnya seperti berikut ini.
 
 
 
 
 
 
 

No comments:

Post a Comment